Wednesday, September 4, 2013

Penerimaan CPNS Kemenlu 2013

 Penerimaan CPNS Kemlu  2013  - Pada kesempatan kali ini, bursa lowongan kerja hari ini  akan memberikan informasi Penerimaan CPNS 2013 Kemlu (Kementrian Luar Negeri) Republik Indonesia. Kementrian Luar Negeri Indonesia memberikan Lowongan CPNS 2013 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kementrian Luar Negeri atau di singkat dengan Kemlu, merupakan salah satu kementrian yang berada dalam Pemerintahan Indonesia untuk membidangi urusan luar negeri. Kementrian Luar Negeri dimpin oleh seorang Menlu (menteri Luar Negeri),

Kementrian Luar Negeri merupakan salah satu kementrian yang di sebutkan secara eksplisit di dalam Undang-undang 1945, selain Kementrian Pertahanan dan Kementrian Dalam Negeri. Presiden tidaka dapat mengubah ataupun membubarkan Kementrian Luar Negeri.

Bersama dengan Menteri Pertahanan dan Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan apabila Presiden dan Wakil Presiden mangkat, diberhentikan, berhenti, maupun tidak dapat melakukan kewajiban dalam masa jabatan secara bersamaan.

Kementrian Luar Negeri Indonesia di mulai beberapa hari setelah proklamasi Indonesia, tepatnya pada tanggal; 19 Agustus 1945, di bentuklah Kementrian Luar Negeri dalam kabinet Presiensial yang merupakan kabinet pertama setelah terjadi Proklamasi Indonesia. Dalam perkembangannya kementrian Luar Negeri pernah menggunakan nama  Departemen, namun selanjutnya namanya berubah menjadi Kementrian Keuangan kembali, sesuai dengan undang-undang RI no. 39 tahun 2008.

Pada tahun 1960 sampai 1988, Kementrian Luar Negeri berhasil melakukan pengintegrasian Irian Barat menjadi bagian dari Republik Indonesia. Indonesia di akui sebagai Negara Kepulauan yang memperjuangkan hukum laut. Di dalam UNCLOS (United Nation Convention on Law of the Sea), melakukan peningkatan kerjasama dengan ASEAN, berusaha untuk mendapatkan pengakuan Internasional terhadap Timor Timur walaupun berakhir dengan adanya referendum, serta berusaha meningkatkan kerjasama pada bidang pembangunan ekonomidengan G20 (The Group Of Twenty). Untuk mengetahui Kemlu selengkapnya, silahkan lihat di sini

Jumlah Formasi Serta Detail Jabatan Penerimaan CPNS 2013 Kemlu

Penata Keuangan & Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)

Latar belakang pendidikan S1 dibuka sebanyak 60 orang untuk menjadi CPNS Gol III dan mendapatkan pendidikan menjadi Penata Keuangan & Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) kurang lebih selama tujuh bulan saat menjalani Diklat PKKRT di Pusat Pendidikan & Pelatihan Kemenlu RI

Deskripsi Kerja :

Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) merupakan staf yang bersifat non-diplomatik dimana tugas serta fungsi menangani bidang administrasi, perlengkapan, kerumahtanggaan, keuangan, dan kepegawaian di Kemlu serta Perwakilan Republik Indonesia di negara luar.

Petugas Komunikasi (PK)

Latar belakang pendidikan D3 dibuka sebanyak 27 orang yang akan diangkat menjadi CPNS Gol II serta mendapatkan pendidikan Diklat PK kurang lebih 7 bulan untuk dapat menjadi Petugas Komunikasi (PK) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri RI.

Deskripsi Kerja :

Petugas Komunikasi (PK) merupakan staf yang bersifat non-diplomatik dimana tugas dan fungsinya yaitu melakukan pengelolaan persandian, pengamanan, teknologi informasi, komunikasi, pengendalian pemberitaan, dan pengawasan  di Kemlu serta Perwakilan Republik Indonesia di negara luar.

Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK)

Latar belakang pendidikan S1,S2, atau S3 dibuka sebanyak 71 orang yang akan diangkat menjadi CPNS Gol III Pejabat Diplomatik & Konsuler (PDK/Diplomat) serta mendapatkan pendidikan SEKDILU (Sekolah Dinas Luar Negeri) sekitar 8 bulan di Pusat Pendidikan & Pelatihan Kemenlu.

Deskripsi Kerja :

Pejabat Diplomatik & Konsuler (PDK/Diplomat) akann diberikan tugas untuk menjadi wakil negara juga pemerintah Indonesia, melakukan perundingan untuk kepentingan nasional. memberikan perlindungan kepada pemerintah dan negara Indonesia, warga negara, serta Badan Hukum.

 Cara Pendaftaran

Registrasi dilakukan secara online lewat website resmi > e-cpns.kemlu.go.id yang sudah dibuka pada 3 September 2013 serta print formulir registrasi dengan surat pernyataan jika anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang ada.
Selain dengan registrasi online, pelamar juga harus mengirimkan sebuah berkas lamaran yang ditujukan untuk Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013 dengan Pos Tercatat dari tanggal 3/9/2013 (CAP POS) sampai dengan 17/9/2013 (CAP POS), dan dokumen telah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 20/9/2013 untuk ditujukan ke :



Untuk anda yang tertarik untuk mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS 2013 Kementerian Luar Negeri, silakan daftarkan diri anda di https://e-cpns.kemlu.go.id atau silakan klik disini.

No comments:

Post a Comment